Selasa, 17 November 2015

Tips Memulai Bisnis Di Rumah Bagi Wanita



Daripada hanya mengurus anak dan rumah tanpa menghasilkan sesuatu, ada baiknya anda memulai bisnis atau membuka usaha di rumah. Pilihan ini juga berlaku bagi para ibu bekerja yang sebelumnya bekerja di kantor, namun juga ingin melihat perkembangan anak di rumah, beralih melakukan usaha di rumah. Tapi, sebelum memulai ada hal-hal yang sebaiknya diperhatikan. Apa saja?

1.      Ruang Kerja yang Nyaman.

Setiap orang butuh ruang bekerja, meski hanya digunakan untuk melihat bon tagihan dan pembelian, serta menuliskannya di buku anggaran rumah tangga. Anda dapat menciptakan ruang kerja di kamar tidur, di sudut ruang keluarga, atau di kamar tersendiri. Dengan memiliki ruang bekerja, segala perlengkapan seperti alat tulis, buku, alat penghitung, ada di satu tempat, sehingga tidak repot jika Anda membutuhkannya suatu saat. Lengkapi juga ruangan kerja dengan lampu meja, pesawat telepon, agar semua pekerjaan dapat berjalan dengan mudah.

2.      Atur Waktu Bekerja.

Mengatur waktu yang efisien setiap hari adalah kunci utama bekerja di rumah. Anda harus pintar membagi waktu antara mengurus pekerjaan dan mengurus anak-anak. Selain mengatur waktu, bekerja secara seefisien juga mutlak. Jika anak-anak butuh perhatian, tunda dulu pekerjaan. Ketika mereka sudah tenang dan dapat bermain, lanjutkan dan selesaikan pekerjaan. Tidak ada waktu yang tepat untuk menentukan berapa lama menyelesaikan pekerjaan di rumah, namun bekerja di sisi anak setiap hari bisa jadi akan sangat menyenangkan, bukan?

3.      Mulai Dengan Perencanaan.

Perencanaan sangat penting untuk menjalankan bisnis di rumah. Mulailah dengan langkah awal, yaitu menentukan nama usaha, alamat, nomor telepon, alamat e-mail. Akan lebih baik jika anda melengkapinya dengan website, agar profil usaha anda dapat dipromosikan ke khalayak lebih luas. Selanjutnya, mulailah dengan mendeskripsikan jenis usaha anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara menjalankan pekerjaan di rumah, meliputi cara pemasaran, promosi, serta pengelolaan. Kemudian tentukan tujuan usaha, khususnya tujuan jangka panjang, apakah akan terus dipasarkan lebih luas atau sekadar mengisi waktu luang saja. Jika dalam perkembangannya usaha ini menghasilkan keuntungan, mulailah berpikir memperluas usaha, diawali dengan merekrut beberapa karyawan untuk membantu pekerjaan Anda. Siapa tahu bisnis ini akan terus dikenal, dan lama-kelamaan dapat dipasarkan lebih luas lagi.

4.      Tetap Menjadi Ibu Rumah Tangga

Bekerja di rumah memang penuh tantangan, sekaligus memberikan banyak waktu bertemu dengan keluarga, khususnya anak-anak. Namun, semua harus diatur dengan baik. Jangan sampai pekerjaan terganggu akibat teriakan-teriakan anak, atau ketika anda ingin mencari informasi di internet, anda harus tenganggu ulah si kecil yang asyik main game di komputer. Memang, kondisi ini menjadi dilema, namun jalan keluar selalu ada.

Simak tips-tips berikut:

–          Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bekerja di waktu tidur siang anak-anak.

–          Jika harus memangku anak saat anda bekerja di depan komputer, berilah anak mainan atau botol susu sehingga ia sibuk dengan aktivitasnya sendiri.

–          Sediakan mainan dan buku-buku anak, baik buku cerita maupun buku mewarnai di ruang kerja anda, sehingga anak akan teralihkan perhatiannya ke barang-barang tersebut dan pekerjaan anda tidak terganggu.

–          Sediakan sedikit ruang untuk anak sebagai tempatnya bermain atau mewarnai buku, sehingga ia bisa sibuk dengan aktivitasnya, andapun tidak terganggu sekaligus bisa mengawasi anak.

–          Sediakan makanan dan minuman ringan kesukaan anak-anak di tempat yang terjangkau, sehingga mereka dapat mengambil sendiri makanan atau minuman yang mereka inginkan tanpa harus mengganggu anda.

–          Akan lebih baik jika anda meletakkan meja kerja di dekat jendela, sehingga tetap dapat mengawasi anak-anak anda ketika mereka sedang bermain di halaman.

–          Jika punya waktu luang, lakukan aktivitas bersama anak-anak sehingga mereka tidak bosan di rumah terus, misalnya jalan-jalan, bersepeda, dan kegiatan lain.


sumber : http://artikel.co/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar